Tanggung Jawab Sosial

"Merancang dan melaksanakan program tanggung jawab perusahaan dengan penekanan pada tumbuh dan berkembangnya kompetensi masyarakat, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga dan lingkungan sekitar dengan dukungan akses telekomunikasi dan konten program terbaik bagi berkembangnya masyarakat digital yang memiliki kompetensi menjadi pelaku bisnis yang kreatif dan tangguh."

Patrakom meyakini, meningkatnya kesejahteraan masyarakat akan berimbas pada tumbuh dan berkembangnya skala usaha Patrakom, demikian juga sebaliknya. Oleh karenanya sejalan dengan keyakinan bahwa “Patrakom ada untuk Indonesia, tumbuh dan berkembang bersama-sama masyarakat Indonesia”, maka kami menerapkan prinsip profit-people-planet (“3P”).
 
Tujuan CSR-Patrakom Mendukung keberlangsungan bisnis Perseroan dengan melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan di bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan yang melibatkan karyawan Patrakom dan masyarakat, berlandaskan pada tiga pilar utama (triple bottom line), yaitu planet, people dan profit.
Sasaran kami adalah mengurangi jejak lingkungan yang dihasilkan dari produk kami dan penggunaan produk kami seraya tetap mengembangkan bisnis.
  • Patrakom ikut menjaga kelestarian alam serta lingkungan dalam setiap kegiatan operasional.
  • Patrakom turut berperan serta dalam kegiatan sosial di lingkungan sekitar sebagai wujud kepedulian, dengan ikut berpartisipasi dalam program penghijauan di lingkungan cibubur.
    • Partisipasi dalam program penghijauan Bogorku Bersih 2017.
    • Pembinaan kepada Karang Taruna Harjamukti
Cek kesehatan adalah program Patrakom untuk karyawan diadakan rutin sebulan sekali di lingkungan kerja Patrakom.
Patrakom membantu meningkatkan kesehatan karyawan dan masyarakat sekitar dengan program kesehatan donor darah rutin setiap tiga bulan sekali dalam setahun;
  • 12 Januari 2018, Patrakom Gandeng PMI Selenggarakan Donor Darah : Patrakom menggelar aksi donor darah sebagai salah satu rangkaian Corporate Social Responsibility (CSR). Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan program rutin yang diadakan Patrakom setiap tahunnya sejak tahun 2007. Kegiatan donor darah dilakukan di Musholla Al-Hidayah Patrakom Jumat 12 Januari 2018, bekerjasama dengan PMI Jakarta Timur.
  • 02 Mei 2018, "Share Blood, Share Life" Patrakom dan PMI Gelar Donor Darah : Patrakom bekerjasama dengan PMI Depok kembali menggelar aksi donor darah. Kegiatan donor darah dilakukan di Musholla Al-Hidayah Patrakom Rabu 2 Mei 2018,
Patrakom membantu karyawan dan masyarakat sekitar yang terkena bencana alam.
  • 8 Februari 2018, Patrakom turut serta memberikan sejumlah uang yang disalurkan langsung untuk korban Banjir Bandang di Garut, Jawa Barat.
  • 20 agustus 2018, Patrakom kirimkan bantuan baik uang, tenda dan baju layak pakai kepada korban Gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Spiritual; Patrakom melakukan pembinan kecerdasan spiritual karyawan dan lingkungan sekitar melalui kegiatan-kegiatan keagamaan secara rutin.
  • Kajian rutin setiap ba'da Dzuhur dan Ashar bagi umat Islam.
  • Kegiatan Ramadhan bagi umat Islam
  • Perayaan Natal bagi umat Nasrani
Sosial; Patrakom punya program rutin mengunjungi anak yatim piatu dan kaum dhuafa sebagai bagian dari pengembangan penghidupan masyarakat.
  • 31 Mei 2018, Direktur Patrakom Serahkan Santunan Ramadhan Kepada Anak Yatim.
  • 31 Mei 2018, Spirit of Ramadhan, Patrakom Gelar Bazaar Murah : Bulan Suci Ramadan 1439 H menjadi momentum bagi Patrakom untuk berbagi ke sesama, sudah menjadi agenda rutin Patrakom untuk selalu melaksanakan beberapa program CSR untuk lingkungan sekitar Patrakom. Kegiatan kali ini berupa bazaar yang menyajikan sembako murah, diselenggarakan di Patrakom Cibubur, tanggal 31 Mei 2018.
  • 23 Juli 2018, Bermain Sambil Belajar, Patrakom Ajak Anak-anak Yatim dan Dhuafa ke Kidzania : Patrakom membuat satu kegiatan yang melibatkan anak-anak yatim dan dhuafa di KidZania, Pacific Place, Jakarta. Event bertajuk “We Share, We Love, We Care” diadakan untuk merangkul adik-adik yang kurang beruntung, adik-adik yatim dan dhuafa agar bisa merasakan pengalaman belajar sambil bermain juga.
Pendidikan; Patrakom melakukan pembinaan kecerdasan untuk karyawan dan masyarakat sekitar.
  • Patrakom selalu memberikan pelatihan kepada Karyawan sesuai dengan job desk masing-masing.
  • Patrakom selalu menerima mahasiswa/i yang ingin internship atau PKL (Praktek Kerja Lapangan) di Patrakom.
  • 5 Juli 2018, Kids Go To Office Patrakom : Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari kegiatan aktivasi budaya Telkom Group. Kids Go To Office Telkomsat tahun ini diikuti oleh 20 anak karyawan dari usia 3 tahun hingga 10 tahun. Kegiatan ini diisi dengan Pengenalan perusahaan, pengenalan produk, games, office tour, & bermain bersama badut. Tujuan dari kegiatan Kids Go To Office ini yakni mengenalkan lingkungan perusahaan tempat dimana orang tua bekerja serta memberikan inspirasi kepada anak-anak terkait dengan pekerjaan orang tua mereka.